5 Makanan Yang Sehat Untuk Jantung Dan Paru Paru

5 Makanan Yang Sehat Untuk Jantung Dan Paru ParuMenjalani pola hidup yang sehat bisa membuat Anda terhindar dari berbagai macam risiko terkena penyakit, seperti penyakit jantung serta mengurangi risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mengkonsumsi makanan sehat. Yang pertama ialah menghindari makanan siap saji serta serba instan karena bisa memperbesar risiko terkena berbagai penyakit berbahaya seperti penyumbatan saluran darah yang bisa berujung pada serangan jantung. Sebenarnya, makanan siap saji bukan hanya memiliki kalori tinggi, namun kadar garam yang dimilikinya juga tidak tinggi sehingga akan menyebabkan hipertensi.

Agar terhindar dari risiko penyakit jantung, Anda harus menjalani pola hidup yang sehat, penelitian mengungkapkan dengan melakoni kebiasaan sehat seperti tidak merokok, olahraga secara teratur hingga menjauhi makanan siap saji bisa mengurangi risiko penyakit jantung hingga mencapai 82 persen. Bukan hanya itu orang yang berusia 70 hingga 90 tahun dan mereka membiasakan hidup sehat akan menurunkan risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung hingga 66 persen.

Untuk pola hidup sehat seperti makanan, apa saja makanan yang dimaksud? Agar menyehatkan jantung serta membantunya bekerja dengan optimal, Anda dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan senyawa fitonutrien yang berada di sayur dan buah. Senyawa ini melindungi tumbuhan dari kuman, hama pengganggu dan jamur, sedangkan untuk manusia senyawa ini akan membantu tubuh bekerja secara optimal.

Berikut beberapa makanan yang memiliki kandungan fitonutrien, antara lain:

Teh hijau

Teh adalah salah satu minuman favorit karena begitu banyak manfaat yang dimilikinya. Ternyata, sejumlah penelitian juga mengungkapkan adanya keterkaitan mengkonsumsi teh hijau dengan penunan risiko penyakit jantung. Salah satunya ialah penelitian di Jepang, mereka yang mengkonsumsi teh hijau setiap hari mempunyai risiko beberapa persen lebih rendah mengalami kematian yang disebabkan penyakit stroke dan jantung.

Tetapi, Anda harus berhati-hati ketika mengkonsumsi teh hijau. Mengkonsumsi teh hijau hingga 5 cangkir dalam sehari bisa meningkatkan risiko penyakit batu ginjal. Oleh sebab itu bila mengkonsumsi banyak teh hijau, jangan lupa memperbanyak konsumsi air putih sehingga terhindar dari dehidrasi.

Buah beri

Ada berbagai macam buah beri seperti stroberi, bluberi, rasberi dan masih banyak lagi. buah-buahan ini dapat Anda jadikan sebagai camilan sehat. Buah beri kaya akan kandungan antioxidan yang bisa mengurangi peluang terjadinya serangan jantung, bukan hanya itu. Rasa manis dalam buah beri tidak akan memicu diabetes.

Bawang

Bawang putih diketahui tidak mempengaruhi tekanan darah sehingga bisa sering Anda konsumsi. Selain itu bawang putih bisa menggantikan garam untuk mendapatkan rasa gurih pada makanan. hal ini baik untuk kesehatan jantung karena semakin banyak mengkonsumsi garam maka akan semakin meningkatkan risiko terkena darah tinggi dan bisa memicu penyakit stroke dan jantung.

Anggur

Buah anggur berpotensi mencegah penyakit jantung serta tekanan darah tinggi, hal ini dikarenakan buah anggur memiliki kandungan serat serta senyawa quercetin. Quercetin dapat melindungi pembuluh darah dari adanya penyumbatan. Walaupun efek anggur untuk menyehatkan jantung masih harus diteliti dengan menyeluruh, Anda dapat mencoba memasukkan anggur dalam pilihan buah sehat.

Kacang

Perbanyak konsumsi kacang contohnya seperti kacang merah hingga 3 cangkir dalam seminggu. Selain memiliki kandungan yang kaya fitonutrien yang baik untuk jantung, kacang juga kaya dengan kanddungan serat sehingga membuat Anda lekas kenyang. Hal ini bisa mencegah Anda mengkonsumsi terlalu banyak kalori, selain itu kacang juga kaya akan kandungan antioksidan yang memiliki peran mencegah kerusakan sel karena radikal bebas.