Bahaya Kolesterol Tinggi Bagi Kesehatan Anda

Bahaya kolesterol tinggi ditimbulkan banyak sebab seperti menjalani pola hidup yang kurang sehat. Pola hidup kurang sehat ini berwujud mengkonsumsi makanan berlemak dan malas untuk melakukan olahraga. Tubuh kita sebenarnya membutuhkan kolesterol agar organ bisa berfungsi secara optimal dan baik. Kolesterol adalah zat lunak yang berbentuk seperti lemak. Biasanya kolesterol berada di seluruh bagian tubuh. Tetapi, kadar kolesterol yang berlebihan di dalam darah dapat membahayakan karena bisa menumpuk di dinding arteri. Penumpukan ini berakibat penyempitan serta terhambatnya aliran darah.

Bahaya Kolesterol Tinggi Bagi Kesehatan Anda

Jenis kolesterol

Terdapat 2 jenis kolesterol yang harus Anda tahu, antara lain:

  • High-density lipoprotein. HDL merupakan kolesterol baik yang biasa dibawa darah ke hati untuk diurai serta dibuang ke luar tubuh. Jumlah HDL yang semakin tinggi tidak berbahaya untuk kesehatan. HDL dibawah 40mg/dL dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, tingkat HDL 60 mg/dL tergolong sangat baik,
  • Low-desity Lipotein. LDL disebut dengan kolesterol jahat karena jumlahnya yang terlalu banyak. LDL ini akan membentuk dinding yang menyumbat pembuluh nadi sehingga peredaran darah menjadi terganggu. Tingkal LDL yang terlalu tinggi bisa memperburuk kondisi kesehatan, tingkat LDL yang ditolerasi ialah 100mg/dL. LDL yang lebih dari 160 dianggap tinggi. oleh sebab itu disarankan Anda menjaga kolesterol normal.

Bahaya kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi dipengaruhi oleh berbagai macam faktor tertentu seperti memiliki berat badan yang berlebihan, genetik selain itu jarang melakukan aktivitas fisik yang aktif. Bahkan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi kolesterol bisa menyebabkan seseorang lebih dekat dengan bahaya kolesterol. Organ hati memiliki tugas menghasilkan kolesterol yang diperlukan tubuh. Meskipun demikian, tidak sedikit orang yang memililki kolesterol tinggi karena sering mengkonsumsi kolesterol jahat.

Berikut berbagai macam bahaya yang disebabkan oleh kolesterol tinggi, seperti:

  • Mengganggu sistem pencernaan. Dengan tingkat kolesterol yang tinggi di empedu, bisa menyebabkan penyakit batu empedu. 80% kasus batu empedu dikarenakan oleh endapan kolesterol,
  • Tingginya risiko serangan jantung dan stroke. Penyempitan pembuluh nadi bisa mempersulit aliran darah memasuki jantung sehingga mengakibatkan masalah serangan jantung. Selain itu jika pembuluh darah tersumbat bisa menyebabkan beberapa penyakit lain seperti stroke dan darah tinggi,
  • Memicu aterosklerosis. Kondisi aterosklerosis merupakan kondisi mengeras serta menyempitnya pembuluh nadi. Penyakit ini dikarenakan oleh kolesterol jahat yang biasanya menyerang usia muda.

Upaya melindungi diri dari kolesterol

Sebenarnya, bukan hanya orang tua saja yang memiliki risiko tingkat kolesterol tinggi. Berapa pun usia nda sekarang ini, belum terlambat membebaskan diri dari menyeramkannya bahaya kolesterol. Lindungi diri dari bahaya kolesterol dari sekarang melalui berbagai macam cara yang diawali dengan pola hidup yang sehat. Hindari kebiasaan merokok, melakukan olahraga secara rutin paling tidak bergerak secara aktif selama 30 menit dalam sehari, hingga mengkonsumsi minuman dan makanan yang rendah kolesterol. Sortir kembali makanan yang biasa Anda konsumsi sekarang, apakah ada begitu banyak kolesterol di dalamnya?

Tanyakan dokter, kapan Anda harus melakukan tes darah untuk mengetahui besarnya kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini disarankan pada orang yang memiliki risiko tinggi terkena kolesterol contohnya memiliki riwayat keluarga berkolesterol tinggi, serangan jantung. Jika kolesterol Anda benar-benar tinggi, Anda tidak perlu cemas karena biasanya dokter akan memberitahu seperti apa penanganan pada kolesterol tinggi ini serta melakukan gaya hidup yang lebih sehat.