Ini Dia Penyebab Gatal Pada Selangkangan Paha

Rasa gatal merupakan hal yang bisa menganggu aktivitas sehari-hari Anda. Apalagi bila Anda mengalami masalah gatal di selangkangan, pasti akan terlihat kurang pantas bila Anda menggaruk di tempat umum. Daerah selangkangan yang terasa gatal biasanya terlihat kemerahan atau mengelupas. Bukan hanya itu, gatal di selangkangan bisa terlihat seperti kulit yang lecet.

Ini Dia Penyebab Gatal Pada Selangkangan Paha

Menjangkit tubuh lembab

Biasanya, gatal di selangkangan adalah infeksi jamur yang berada di bagian kulit terluar. Infeksi yang dikenal sebagai tinea cruris ini dapat mengenai bagian terluar dari kuku atau rambut. Selangkangan adalah lokasi jamur berkembang biak secara cepat karena hangat dan lembab. Area lainnya yang bisa menjadi tempat perkembangan jamur dengan cepat adalah bokong. Infeksi jamur di selangkangan tidak jarang disertai dengan rasa nyeri.

Khusus penderita obesitas dan diabetes, mereka memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami gatal di area selangkangan karena infeksi jamur. Selain infeksi jamur, penyebab lain dari gatal di area selangkangan ini ialah iritasi pakaian yang ketat, infeksi kulup pria karena kurang bersih, infeksi bakteri pada vagina, infeksi bakteri. Untuk mereka yang aktif seksual, gatal di selangkangan dapat terjadi karena penyakit menular seksual seperti infeksu kutu, herpes hingga kutil.

Bagaimana langkah mengatasinya?

Timbulnya rasa gatal di area ini memang dapat membuat seseorang menjadi kurang nyaman. Untuk mengatasi masalah gatal di selangkangan yang disebabkan oleh jamur, Anda bisa menggunakan bedak antijamur atau krim. Cuci bersih area yang terinfeksi menggunakan air dan sabun sebelum Anda menggunakan bedak antijamur. Penggunaan bedak ini tidak bisa dilakukan hanya dengan sekali dua kali, namun harus dilakukan secarea teratur dan merata. Ikuti cara penggunaan dengan baik. walaupun gejala sudah mereda, jangan langsung mengehentikan pennggunaan. Anda harus mengikuti durasi penggunaan yang sesuai.

Saat gatal di selangkangan karena jamur ini digaruk, maka bisa menyebabkan infeksi bakteri. Bila ini terjadi, kemungkinan akan dilakukan pengobatan antibiotik. Tetapi harus diperhatikan jika penggunaan antibiotik harus dibawah pengawasan dokter.

Pengobatan gatal di selangkangan harus dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Bila Anda ragu mengenai penyebab gatal, Anda bisa segera memeriksakannya ke dokter, dengan pemeriksaan ke dokter, serta menjalani tes medis yang tepat, agar penyebab dapat diketahui.

Jangan menyepelekan gatal selangkangan

Walaupun gatal di selangkangan ini seperti tidak berbahaya, tetapi ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda segera menemui dokter, contohnya seperti:

  • Infeksi bertambah semakin parah,
  • Gatal di selangkangan terjadi berulang kali,
  • Gejala tidak membaik dalam waktu beberapa hari, bahkan saat sudah menggunakan bedak.

Pencegahan

Menjaga area selangkangan menjadi tetap kering dan bersih adalah salah satu kunci mencegah infeksi jamur. Keringkan dengan baik setelah Anda mandi, selain itu ada beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pencegahan gatal di selangkangan seperti:

  1. Pilih pakaian dalam yang berbahan katun,
  2. Hindari berbagi handuk dan baju dengan orang lain,
  3. Jangan terlalu lama menggunakan pakaian dalam yang basah, seperti setelah Anda berenang atau berolahraga,
  4. Hindari menggunakan pakaian dalam yang ketat, atau celana ketat,
  5. Cuci pakaian dalam setelah Anda pakai, jangan biarkan celana dalam di bak cucian dalam waktu yang lama,
  6. Jika Anda menggunakan kamar mandi umum, usahakan menggunakan alas kaki dan cuci kaki dan tangan dengan baik menggunakan sabun,
  7. Keringkan kaki dengan handuk di bagian akhir saat Anda sudah selesai mengeringkan seluruh tubuh Anda.