Tips Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Dan Cepat

Bau mulut dikarenakan oleh kebiasaan merawat gigi serta mulut yang kurang baik, selain itu ditambah dengan tidak merawatnya dengan rutin. Jenis makanan yang Anda konsumsi juga akan mempengaruhi, bahkan gaya hidup yang kurang sehat juga bisa menjadi penyebabnya. Semua makanan yang Anda konsumsi, lebih-lebih makanan yang memiliki aroma tajam seperti bawang putih berperan menyebabkan bau mulut. Sisa makanan yang tinggal di mulut memiliki bagian memberi aroma yang kurang sedap bagi mulut.

Tips Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Dan Cepat

Jika Anda tidak menyikat gigi menggunakan benang gigi dengan rutin, sisa makanan akan tertinggal di sela gigi. Hal ini bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri pada gigi, gusi, dan lidah. Inilah akar dari penyebab bau mulut yang membandel tersebut.

Ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat mulut kita memiliki bau yang kurang sedap, kebiasaan tersebut seperti:

Mengkonsumsi makanan yang memiliki aroma tajam

Beberapa makanan dengan bumbu tajam bisa meninggalkan bau yang kurang sedap di mulut, begitu pun dengan mengkonsumsi kopi serta minuman yang berakolohol. Agar Anda dapat terhindar dari bau mulut, hindari mengkonsumsi minuman dan makanan ini.

Obat-obatan

Obat-obatan yang mungkin sekarang sedang Anda konsumsi juga dapat menyebabkan bau mulut. Obat-obatan ini seperti obat kemoterapi, obat penenang, obat penghilang nyeri dada karena berkurangnya pasokan darah ke jantung.

Penyakit

Ada beberapa penyebab lain yang membuat mulut memiliki bau yang kurang sedap yakni kondisi kesehatan secara umum. Saat mulut sedang kering yang berarti kurang air liur, bakteri akan mudah berkembang dan menyebabkan bau mulut. Bukan hanya itu, kondisi pencernaan yang kurang sehat juga bisa menyebabkan kemunculan bau mulut. Kondisi pencernaan yang kurang sehat ini seperti infeksi bakteri di lambung serta usus kecil. Penyakit lain yang memiliki potensi menciptakan bau mulut ialah penyakit paru-paru, diabetes, bronkitis, sinusitis.

Tidak menjaga kebersihan mulut

Seperti yang telah disampaikan di awal, kebersihan mulut yang tidak dijaga bisa menjadikan mulut memilikli bau yang kurang sedap. Saat kondisi mulut dikotori sisa makanan, akan membentuk lapisan transparan. Lapisan ini disebut dengan plak dan merupakan tempat bakteri berkembang. agar mencegah hal ini, sikat gigi dengan teratur sesudah makan.

Jangan lupa sikat lidah Anda agar tidak bau mulut, pergunakan dental floss sebagai pembersih sisa makanan di sela gigi yang tidak terjangkau sikat gigi sebagai bagian dari merawat mulut. Jangan lupa memeriksakan gihi secara teratur pada dokter gigi, sehingga meminimalkan risiko penyakit mulut. Mungkin dokter akan menyarankan berkumur menggunakan obat kumur yang ampuh sebagai pembunuh bakteri karena penumpukan plak.

Efek diet

Diet dengan mengurangi karbohidrat yang masuk dalam tubuh juga bisa menjadi penyabab bau mulut saat kekurangan karbohidrat. Memang, secara alami, tubuh menjadi pemecah lemak, dan terbentuk bahan kimia yang disebut dengan keton. Nantinya zat ini yang bisa menyebabkan bau mulut.

Kebiasaan merokok

Merokok adalah penyebab lain dari munculnya bau mulut. Kebiasaan merokok ini bukan hanya bisa merusak paru-paru namun akan menciptakan noda di gigi serta iritasi pada gusi. Keadaan ini bisa berkembang menjadi radang gusi dan sakit gigi. Dua faktor ini yang menjadi penyebab bau mulut.

Dari berbagai macam penyebab di atas, bau mulut biasanya terjadi karena tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik. Selama ini banyak orang yang beranggapan, menyikat gigi saja sudah bisa membersihkan gigi dan sebagai pencegah bau mulut. Padahal, Anda juga harus menggunakan obat kumur sehingga bisa membantu Anda memperoleh gigi yang sehat dan mulut yang bersih.